Setelah
diresmikannya Tol Cipali oleh Pemerintah pada tahun 2015 ini, tentu mempunyai
dampak tersendiri bagi kota-kota disekitarnya yang selama ini ramai dilintasi
oleh kendaraan. Hal ini karena pengendara roda empat yang dulunya hanya bisa
melewati jalur pantura kini beralih ke jalur tol Cipali yang digadang-gadang
lebih cepat dan hemat waktu, baik dari arah Jakarta ke Cirebon ataupun
sebaliknya.
|
Bunderan Mangga |
Prediksi mengenai
akan sepinya jalur pantura termasuk kabupaten Indramayu ini sudah banyak
diperbincangkan masyarakat, bahkan ketika pembangunan tol yang melintas di
Indramayu hanya terletak di daerah ujung utara-barat Indramayu (kecamatan
Gantar), sedangkan Indramayu kota tidak terlintasi., aka tentu mempunyai dampak
penurunan pendapatan bagi usaha lokal yang pangsa pasarnya adalah pelancong
atau wisatawan.
Kondisi
seperti ini perlu segera disikapi oleh pemerintah daerah kabupaten Indramayu,
karena kalau tidak segera mencermati dampak pembangunan tol Cipali akan menggerus
penurunan perekonomian di Indramayu, bahkan bisa saja Indramayu akan menjadi
kota mati.
|
tol cipali jalur cikamurang |
Saat ini
Indramayu mempunyai daya tarik yang baik untuk dikembangkan seperti WisataMangrove Karangsong Indramayu salah satunya telah menyedot wisatawan luar untuk
mengenal lebih jauh tentang potensi Indramayu lewat potensi bahari. Selain itu
perlu terobosan lain agar dapat mengangkat perekonomian seperti mengembangkan sektor
pertanian agrobisnis (Padi, Mangga), sektor pendidikan, sektor minyak dan gas
bumi yang tentu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indramayu sesuai dengan
struktur kondisi kekayaan alam Indramayu.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Kabupaten Indramayu Jadi Kota Mati"
Post a Comment